Powered By google
Terima kasih atas kunjungannya, silahkan isi komentar atau Guest Book untuk kemajuan blog ini. Jangan lupa click LIKE pada link facebook untuk update informasi.

DAFTAR ISI

Minggu, 20 November 2011

Surface Roughness Tester

Apakah yang Dimaksud dengan Roughness

Pengukuran roughness (permukaan yang kasar) – Apakah itu?

Sebagai contoh, jika meja yang rata diukur.

Meja tersebut rata. Tapi jika Anda melihat meja melalui perbesaran dari mikroskop atau alat lainnya, Anda akan melihat meja tersebut bergelombang.

Perhatikan secara seksama, seluruh permukaan yang bergelombang memperlihatkan lekukan.

Itu benar!

Bentuk (elemen) gelombang yang besar berangsur-angsur dinamakan sebagai “Waveness”.

Sedangkan bentuk (elemen) gelombang dengan lekukan yang kecil dinamakan “Roughness”.

Oleh karena itu, bentuk permukaan yang sebenarnya adalah terciptanya bentuk gelombang (elemen) secara terus-menerus ditambah elemen lekukan yang kecil.



Apakah yang Dimaksud dengan Roughness Curve

Pada pengukuran roughness, berikut empat buah kurva yang sering digunakan.

·         Profil, yaitu letak permukaan yang tidak disentuh.

·         Roughness, yaitu letak panjang gelombang kecil yang terbentuk dengan cara menghilangkan “roughness element (elemen permukaan yang kasar)” dari jarak gelombang yang panjang dari profile curve.

·         Filter waveness, yaitu letak jarak gelombang yang panjang dan terbentuk dengan cara menghilangkan “Roughness element (elemen permukaan yang kasar)” dari panjang gelombang yang pendek dari profile curve.

·         Filtered center line waveness, yaitu letak dari “Central element (elemen pusat)” yang terbentuk dengan cara menghilangkan “Rouhgness element (elemen permukaan yang kasar)” dari panjang gelombang yang pendek dan “shape element (elemen bentuk)” dari panjang gelombang profile curve.



Apakah yang dimaksud dengan “Roughness element” pada panjang gelombang yang pendek?

Artinya elemen lekukan kecil dengan panjang gelombak yang pendek.

Apakah yang dimaksud dengan “Waveness element” pada panjang gelombang yang panjang?

Elemen panjang gelombang yang secara terus menerus memanjang. Bentuk tetap terwujud setelah menghilangkan elemen lekukan kecil dari kurva profil 1.



Apakah yang akan Terjadi dengan Perubahan Roughness Curve?

Permukaan yang terlihat rata telah diukur.

Bentuk dari data pengukuran yang sama bervariasi tergantung kurvanya.

Profile curve, lekukan yang kecil. Permukaan bentuknya tidak rata.

Roughness curve, setelah menghilangkan bentuk lekukan (panjang gelombang) atau elemen waveness dari profile curve, yang tersisa adalah permukaan yang tidak rata.

Filtered waveness, setelah menghilangkan roughness element pada permukaan kecil yang tidak rata dari profile curve, yang tersisa adalah bentuk lekukannya.

Filtered center line waveness curve, hanya elemen (panjang gelombang) antara permukaan kasar elemen kecil yang tidak rata dan elemen bentuk lekukan besar yang tersisa dengan menghilangkan mereka dari profile curve.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar